You are here
3 Mahasiswa UNIKA Atma Jaya Ciptakan Toilet Umum Steril Lain Lain 

3 Mahasiswa UNIKA Atma Jaya Ciptakan Toilet Umum Steril

Universitas Katolik Atma Jaya adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta, tak heran jika ada begitu banyak mahasiswa – mahasiswa dari UNIKA Atma Jaya yang tidak hanya pandai dalam segi akademik, melainkan juga pandai dalam bidang non akademik. Salah satunya adalah tiga mahasiswa dari Teknik Mesin, fakultas Teknik Unika Atma Jaya yang berhasil menciptakan sebuah toilet umum steril yang mereka beri nama “Smart and Hygienic Closet System” (SMILE).

3 Mahasiswa UNIKA Atma Jaya

Tiga mahasiswa tersebut adalah Rendy Andrean, Arlinda Kusuma Dewi, dan Delbert Pratama. Ketiga mahasiswa ini merancang ide tersebut dengan tujuan untuk membantu menjaga kebersihan kloset duduk di toilet umum. Ide ini selanjutnya di submit kedalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke – 29.

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta setidaknya tiap tahun UNIKA Atma Jaya selalu berkontribusi dan memiliki nama – nama yang lolos pendanaan dikti pada even besar tersebut. Projek SMILE ini pun dinilai sangat menarik. Mengingat kebersihan kloset selalu menjadi masalah utama pada hampir semua tempat. Hal ini tentu sangat membuat bangga salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta tersebut.

Adapaun proses perancangan toilet umum steril ini adalah sebagai berikut:

Dalam pembuatan SMILE, dibagi menjadi 3 sistem utama yaitu pembuka atau penutup kloset otomatis, pensteril, dan pengering duduk otomatis. SMILE dibuat dengan memanfaatkan komponen – komponen seperti Sensor Infrared, Programmable Logic Control (PLC), Motor DC, Limit Switch, Pompa, Kompressor dan selenoid valve.

Hal yang menarik dari SMILE adalah sensor infrared yang terpasang untuk mendeteksi adanya pengguna closet, sehingga ketika ada seseorang yang menggunakan closet tersebut, maka akan memberikan sinyal ke PLC dan mengaktifkan motor DC. Motor DC inilah yang menggerakan pembuka dan penutup kloset secara otomatis.

Ketika kloset menutup dan mengenai limit switch, pompa air secara otomatis akan aktif selama beberapa detik dan memompa alkohol sebagai sistem pensteril dengan diikuti kerja dari selenoid valve yang menjadi sistem pengeringnya. Melalui PKM ini, mereka berharap sistem kloset otomatis ini dapat diaplikasikan pada toilet – toilet umum, sehingga masalah tentang kebersihan kloset dapat terselesaikan.

Nah dan itulah proses dan sistem kerja dari closet seteril yang dibuat oleh ketiga mahasiswa UNIKA Atma Jaya ini.

Dan lebih membanggakannya lagi, projek SMILE ini tak hanya lolos pendanaan tetapi juga dibawa ke even PIMNAS yang berlangsung pada 8 – 11 agustus lalu di Institut Pertanian Bogor. Sehingga apabila anda salah satu mahasiswa UNIKA Atma Jaya, Anda patut berbangga dengan perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta ini.

Related posts