You are here
6 Keunggulan Pipa Stainless yang Harus Anda Ketahui Arsitektur 

6 Keunggulan Pipa Stainless yang Harus Anda Ketahui

Pipa stainless merupakan salah satu jenis pipa yang cukup sering digunakan dalam berbagai aktivitas di bidang konstruksi. Baik konstruksi yang bersifat kecil, maupun besar. Menggunakan pipa jenis stainless memang memberikan banyak keuntungan dibanding dengan menggunakan pipa dari bahan lain. Namun, tentu saja penggunaan pipa ini harus disesuaikan dengan fungsinya konstruksi tersebut. Hal ini dikarenakan ada beberapa bagian konstruksi yang tidak bisa menggunakan pipa berbahan stainless ini.

Tak hanya untuk bidang konstruksi, pipa jenis stainless ini pun dapat Anda gunakan di rumah, misalnya pipa pada keran air, pipa air untuk kamar mandi, dan lain sebagainya. Ukuran pipa ini juga bisa dipilih berdasarkan kegunaan serta posisi penempatannya. Nah, jika Anda masih ragu menggunakan pipa stainless, inilah beberapa keunggulan yang harus diketahui:

  1. Tahan karat

Semua benda yang materialnya terbuat dari stainless merupakan bahan anti karat, termasuk pipa jenis stainless ini. Bahan stainless yang terbuat dari kimia nitrogen, krom, karbon, nikel, mangan, silikon, dan bijih besi membuat pipa ini tahan terhadap korosi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika pipa tersebut akan berkarat karena perubahan suhu dan cuaca.

Terlebih lagi jika penempatan pipa ini berada di luar ruangan yang rentan terkena panas maupun hujan. Untuk itu, sangat disarankan sebaiknya menggunakan pipa jenis stainless yang tidak mudah berkarat.untuk perkakas bagian eksterior, jika memungkinkan,

  1. Ringan

Dibandingkan pipa baja atau besi, pipa stainless ini lebih ringan sehingga mudah untuk diangkat atau dibawa. Hal inilah yang menyebabkan pemasangan pipa ini tidak susah. Anda bahkan bisa melakukannya seorang diri. Karena bebannya yang ringan, waktu pemasangan pipa jenis ini pun biasanya relatif lebih cepat.

  1. Mudah dibersihkan

Pipa jenis stainless yang digunakan sebagai dekorasi interior tidak memerlukan perawatan yang sulit. Anda tidak perlu melakukan perawatan yang rumit karena pipa ini mudah dibersihkan. Anda hanya tinggal mengelap bagian-bagian pipa ini menggunakan kain. Dengan menggunakan pipa stainless, tampilan rumah Anda akan tampak lebih modern.

  1. Lebih hemat

Dibandingkan dengan pipa PVC, pipa stainless memang  memiliki harga yang cukup mahal. Meski harganya tergolong mahal, namun pipa ini bisa menghemat uang Anda dengan cara lain. Cara perawatan yang mudah, pemasangannya yang praktis, hingga tingkat keawetannya yang tinggi justru akan membuat Anda hemat.

  1. Lebih awet

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pipa jenis stainless ini lebih awet dibandingkan dengan pipa yang terbuat dari material lainnya. Pipa ni juga memiliki desain yang fleksibel, tidak mudah berkarat seperti pipa besi serta tidak mudah hancur seperti pipa PVC. Jangka waktu pemakaian pipa ini pun cenderung lebih lama sehingga Anda tidak perlu repot menggantinya dalam waktu dekat.

  1. Lebih aman

Pipa jenis stainless ini relatif aman jika digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan makanan atau bahan makanan. Bahan stainless di pipa ini tidak akan memberikan kontaminasi pada makanan sehingga cukup aman digunakan. Contohnya jika Anda mencuci sayuran dari pipa keran yang berbahana stainless, sayuran tersebut akan tetap aman tanpa terkontaminasi zat-zat berbahaya dari pipa tersebut.

Selain itu, pipa jenis stainless ini juga cukup aman untuk anak-anak. Anak kecil yang masih balita biasanya suka menyentuh atau bahkan memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya. Nah, meskipun anak Anda nanti menjilat pipa stainless, hal itu tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk pada anak Anda.

Itulah keuntungan jika Anda menggunakan pipa stainless. Sebelum membeli pipa ini, lakukan survey ke beberapa toko terlebih dahulu untuk mendapatkan harga terbaik. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Comment