You are here
6 Mengenal dan Menelusuri Tradisi Unik Toraja Wisata 

6 Mengenal dan Menelusuri Tradisi Unik Toraja

Toraja, kota yang berada di wilayah Sulawesi Selatan ini memang menjadi salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi dan dieksplor terutama untuk kebudayaannya yang masih alami. Ada beberapa tradisi unik Toraja yang bisa dijumpai dan dinikmati untuk mengisi liburan kita. Suku Toraja yang mendiami kawasan Toraja ini masih memegang teguh dan melestarikan tradisi dan budaya sehingga Toraja dinobatkan sebagai salah satu situs warisan budaya. Oleh karena itu, kita sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya bangga dan mengeksplor keakayaan tradisi dan budaya yang ada di tanah Toraja ini. Tradisi dan budaya ini lah yang kemudian menjadi daya tarik wisatwan bahkan dari mancanegara untuk mengujungi tempat ini.

Ada beberapa tradisi unik Toraja yang menjadi magnet bagi para wisatawan dan tentu saja menarik untuk dieksplor lebih jauh. Tradisi yang sangat terkenal dari Toraja adalah tradisi yang menyangkut dengan upacara kematian. Salah satu yang sangat menarik bagi wisatawan asing salah satunya adalah tradisi Ma’nene yang juga sering disebut sebagai The Walking dead bagi turis asing. Menurut kepercayaan masyarakat Toraja bahwa orang yang meninggal tidak benar-benar meninggal akan tetapi hidup di alam yang laing. Masyarakat Toraja biasanya akan menggantikan baju mayat para leluhur dan membaca mantra tertentu sehingga mayar tersebut akan berjalan. Untuk bisa menyaksikan tradisi yang satu ini,kita harus datang antara bulan Juli sampai dengan Agustus.

Selain itu, di Toraja ini juga terkenal dengan upacara kematian yang biasa disebut dengan upacara Rambu Solo yang diadakan sangat meriah dan megah. Upacara ini biasanya dipimpin oleh seorang tetua adat suku Toraja. Untuk menguburkan jenazahnya pun bisa terbilang karena jenazah tidak dikubur dengan tanah melainkan disimpan pada gua-gua dan tebing-tebing batu. Beberapa lokasi kubur batu ini adalah di goa Londa dan juga Lemo yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Seperti itulah beberapa tradisi unik Toraja yang menarik dan sayang untuk dilewatkan saat kita berkunjung dan berwisata di Toraja ini.

Related posts

2 thoughts on “6 Mengenal dan Menelusuri Tradisi Unik Toraja

  1. I must say you have very interesting articles here.
    Your website can go viral. You need initial traffic only.
    How to get it? Search for; Etorofer’s strategies

  2. I see your blog needs some fresh articles. Writing manually is time consuming, but there is solution for this.
    Just search for – Masquro’s strategies

Leave a Comment