Tahukah kamu kalau menempatkan kulkas sangat berhubungan dengan keawetannya? Salah letak sedikit saja, maka umurnyapun bisa berkurang. Agar kamu tak mengalaminya cobak cek sekarang apakah posisi kulas sudah tepat, atau harus ditata ulang?

Ini Dia Posisi Kulkas Yang Tepat Di Rumahmu

Ketika kulkas diletakkan di tempat sejuk, jauh dari kompor dan produk penghasil panas, mudah dijangkau, dan di atas media yang rata maka otomatis performanya akan stabil tanpa masalah. Dan kamupun tak perlu merogoh kocek dalam-dalam tiap sebentar, hanya untuk mereparasi kulkas hemat energi atau kulkas keluaran terbaru kesayanganmu.
1. Tempat Sejuk
Pastikan untuk menempatkan lemari es di lokasi yang sejuk, agar mesinnya bisa bekerja dengan normal. Contohnya di ruang makan, atau di bagian dapur yang tak terkena oleh cahaya matahari secara langsung. Jika sering terkena matahari langsung, akan berpengaruh pada mesin yang mudah panas dan rusak.

2. Jauh Dari Produk Penghasil Panas
Sama halnya dengan kena matahari, jangan meletakkan kulkas di dekat kompor atau oven, atau rice cooker yang mudah menghasilkan panas, karena akan membuat mesin pendinginnya terkontaminasi dan rentan membuat kulkas tidak dingin maksimal.

3. Mudah Dijangkau
Ini tentunya wajib, apalagi bagi Anda yang menjadikan lemari es anti bau dan bakteri atau jenis lemari es lainnya sebagai penyimpanan makanan utama. Dengan meletakkannya di tempat yang terjangkau, akan memudahkan Anda untuk mengambil apapun yang dibutuhkan tanpa waktu lama, tapi tetap memperhatikan aliran listrik yang aman, apalagi jika ada anak kecil di rumah.

4. Di Atas Media Rata
Pastikan untuk menempatkan kulkas di atas media rata, karena ini juga akan mempengaruhi kualitas performa mesinnya. Jangan lupa alasi dengan kayu atau alas kulkas khusus agar tidak mudah terkena air atau masalah lain pada lantai.
Apakah kulkas Anda sudah tepat letaknya? Jika belum maka segeralah ubah posisinya agar bisa dipakai untuk jangka waktu lama. Jangan lupa untuk segera menutup kulkas setelah mengambil makanan dan bersihkan secara berkala sehingga kerusakan juga bisa diminimalisir.