You are here
Artikel Singkat tentang Pendidikan di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui Lain Lain 

Artikel Singkat tentang Pendidikan di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu cara untuk pembentukan kualitas sumber daya manusia yaitu pendidikan. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk karakter, kepribadian, sikap, skill, dan pengetahuan manusia. Oleh karena itu, pendidikan harus diutamakan dalam pembangunan manusia. Pendidikan, bukan hanya untuk memberi pengetahuan secara kognitif saja tetapi penanaman nilai, pembentukan karakter, dan kepribadian manusia yang diinginkan. Akan tetapi, hal tersebut belum dipahami betul sehingga orientasi pendidikan melenceng yaitu hanya berorientasi pada nilai akademik. Padahal nilai akademik bukanlah satu-satunya hal yang membentuk insan manusia berkarakter, kepribadian, sikap, dan skill tetapi hanya menumbuhkan pengetahuan saja. Anda ingin mengetahui sekilas dunia pendidikan silakan dilanjutkan membaca artikel singkat tentang pendidikan di Indonesia ini.

Artikel singkat tentang pendidikan di Indonesia akan memberi informasi dan kesadaran tentang pentingnya pendidikan bagi kemajuan suatu negara. Kemajuan negara tergantung kepada manusia yang telah dibentuk selama proses pendidikan. Pendidikan memiliki beberapa tingkatan yaitu pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama, pendidikan menengah atas, dan tingkat perguruan tinggi. Kalau Anda mencermati apakah sama tujuan yang harus di capai untuk masing-masing tingkatan pendidikan? Coba renungkan sejenak. Kalau semisal tujuan tingkatan pendidikan yang ada adalah sama buat apa dibuat tingkatan tersebut. Perlu dipahami pula bahwa tujuan pendidikan harus disesuaikan dnegan perkembangan anak. Ketika pada tingkatan pendidikan dasar yang harus ditekankan yaitu penanaman nilai, norma, kepribadian dan karakter sehingga anak ketika sudah memasuki tingakatan pendidikan menengah pertama sudah memiliki nilai, norma, kepribadian, dan karakter yang kuat dan baik. Begitu pula pendidikan tingkat menengah atas dan perguruan tinggi harus memiliki tujuan pendidikan yang berbeda sehingga pendidikan akan selalu mengalami peningkatan kemajuan kompetensi yang  akan di capai tidak hanya nilai akademik yang menjadi prioritas utama.

Demikianlah sekilas info artikel singkat pendidikan di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Pendidikan di Indonesia masih dalam proses perbaikan baik itu kurikulum sebagai tolak ukur kompetensi yang harus dicapai siswa selam belajar di sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Related posts

Leave a Comment