You are here
Baju Batik untuk Anak-Anak Gaya Hidup 

Baju Batik untuk Anak-Anak

Jika membicarakan masalah anak, pastinya tidak akan ada habisnya. Bagaimana tidak, kebutuhan anak-anak zaman sekarang semakin banyak saja. Sama halnya dengan kebutuhan hidup orang dewasa, anak-anak pun juga memiliki kebutuhan hidup yang wajib untuk dipenuhi. Salah satunya adalah kebutuhan pakaian. Seperti yang kita ketahui bahwa pakaian anak-anak memang banyak dan lucu-lucu, bukan? Apalagi jika kita lihat di toko-toko pakaian, saat ini sudah banyak sekali merk pakaian anak-anak yang berasal dari luar. Dengan begitu membuat anak-anak mengenakan pakaian yang berasal dari produsen luar negeri. Padahal seperti yang kita ketahui saat ini pemerintah sedang menggalakkan merk-merk atau brand lokal. Nah, berhubungan dengan itu, kini kita mengenal yang namanya baju batik anak-anak.

Sudah menjadi hal yang umum bahwa masyarakat mengenal batik sebagai motif atau kain pakaian yang kesannya tua dan ketinggalan zaman. Batik pun dikenal dikenakan saat acara-acara formal seperti rapat, datang ke seminar, ke pernikahan, dan sebagainya. Apalagi mengenakan batik pun dikenal dengan pakaian yang dikenakan oleh orang tua atau orang yang sudah dewasa. Nah, sudah saatnya kita buang jauh-jauh pikiran itu, karena kini sudah trennya mengenakan baju batik di segala acara. Semenjak UNESCO menetapkan batik sebagai warisan dari Indonesia, pemerintah memang lebih menggalakkan masyarakat untuk melestarikan batik. Salah satu caranya adalah dengan bangga mengenakan batik.

Apalagi perlu kita ketahui bahwa batik memiliki banyak sekali motifnya. Motif batik Yogyakarta, Pelakongan, Solo, Lasem, Madura, kalimantan, dan daerah lainnya. Masing-masing motif pun memiliki makna filosofinya sendiri. Oleh karena itu, penting juga makna dari masing-masing motif, untuk menghindari kita salah mengenakan motif di acara tertentu. Karena seperti halnya baju batik misalnya motif sekar jagad dari Yogyakarta itu memiliki makna apa, dan apakah cocok untuk digunakan sebagai motif dalam pakaian kita. Warna dari batik pun kini bermacam-macam, mulai dari yang kecoklatan, kekuningan, hitam, merah, biru, hijau, dan sebagainya. Jadi, bisa kita sesuaikan untuk segala macam acara atau keperluan.

Related posts

Leave a Comment