You are here
Bali Indonesia Kaya Akan Budaya Wisata 

Bali Indonesia Kaya Akan Budaya

Bali merupakan salah satu pulau yang terletak di Indonesia. Pulau ini juga sangat terkenal dengan obyek-obyek wisata indah yang menjadi tujuan para wisatawan jika mereka berlibur mengunjungi bali. Pulau bali atau yang sering disebut pulau dewata ini merupakan pulau yang terkenal hingga penghujung dunia. Pulau yang sangat terkenal dengan keindahan alam yang dimliki. Pulau bali yang termasuk bagian dari kepulauan sunda kecil ini beribukota di Denpasar. Daerah inipun memiliki iklim yang tropis seperti daerah indonesia lainnya. Secara geografis provinsi bali berbatasan dengan provinsi jawa timur dan selat bali di sebelah barat, laut bali disebelah utara, samudera hindia di sebelah selatan, serta lombok di bagian sebelah timur. Tempat-tempat wsata yang sering dikunjungi selain kota denpasar sendiri yaitu ubud sebagai pusat seni yang terletak di kabupaten gianyar yang merupakan dataran tinggi di pulau ini. Sedangkan kuta, sanur, seminyak, dan nusa dua adalah beberata tempat yang menjadi tempat tujuan wisata, baik wisata pantai maupun hanya tempat untuk para wisatawan beristirahat.

Kebudayaan bali dapat dikatakan masih khas atau asli karena masyarakatnya sangat memegang teguh budaya dari nenek moyang mereka dan belum terpengaruh oleh budaya lain. Sebagai penduduk bali menganut agama hindu kurang lebih 95% dari jumlah keseluruhan penduduk yang terdapat di bali, sedangkan 5% nya menganut agama islam, kristen, katholik dan kong hu cu. Tujua hidup dari ajaran agama hindu yaitu untuk mencapai keseimbangan dan kedamaian hidup, lahir dan batin. Orang hindu sendiri percaya adanya tuhan dalam bentuk konsep trimurti, yaitu wujud brahmana, wujud wisnu, serta wujud siwa. Tempat beribadah orang hndu yang biasa ditemui di bali disebut pura, pura sangat banyak dijumpai di rumah-rumah masayarakat hindu bali dalam berbagai bentuk tergantung dari kondisi ekonomi masyarakat tersebut. sedangkan tempat-tempat untuk pemujaan leluhur disebut sangga. Kitab suci agama hindu adalah weda yang berasal dari india.

Kebudayaan yang sangat kental dan masih saat ini yaitu apabila masyarakat hindu bali ada yang meninggal dunia diadakan upacara ngaben yang dianggap sangat penting untuk membebaskan arwah orang yang telah meninggal dunia dari ikatan-ikatan duniawinya menuju surga. Ngaben merupakan upacara pembakaran mayat yang sudah sangat lazim ditemui di bali. Hari raya umat hindu adalah nyepi. Kebudayaan yang juga harus diperhatikan oleh wisatawan lokal maupun asing apabila mereka berkunjung ke bali yaitu mereka tidak boleh melanggar kepercayaan yang ada di bali. Jadi jika kalian mau berkunjung ke bali sebaiknya kalian mengikuti aturan yang ada ya.

Related posts

Leave a Comment