Kulit merupakan organ terbesar yang dimiliki oleh semua manusia. Kulit merupakan organ yang sangat penting karena bertugas untuk melindungi bagian dalam tubuh dari dunia luar seperti virus, bakteri, dan mengatur perubahan suhu. Ada beberapa jenis penyakit kulit yang sering dialami oleh manusia dan perlu diketahui.

1. Bisul (furunkel)
Bisul merupakan infeksi kulit berbentuk benjolan merah dan dapat membesar. Bisul dapat tumbuh di seluruh sisi tubuh, namun bisul lebih sering ditemukan di bagian tubuh yang lembap, seperti lipatan paha, sela bokong, leher, ketiak hingga kepala. Bisul ini disebabkan karena adanya infeksi bakteri Stafilokokus aureus pada kulit yang melewati folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, lantas menyebabkan infeksi lokal. Faktor yang menambah risiko terkena bisul diantaranya kebersihan yang buruk, luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, kosmetik yang menyumbat pori, serta penggunaan bahan kimia. Untuk menghindari bisul, menjaga kebersihan diri serta lingkungan, dan konsumsi gizi yang seimbang harus dilakukan.

2. Kudis (skabies)
Kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit tungau yakni Sarcoptes scabiei var hominis. Orang yang terjangkit penyakit kulit kudis yaitu orang yang biasanya tinggal di tempat kumuh serta tidak melindungi kebersihan tubuhnya. Tanda-tanda kudis yaitu ada rasa gatal yang demikian hebat saat malam hari, terlebih di sela-sela jari kaki, tangan, di bawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan sebagainya. Kudis sangat mudah menular pada orang lain.

3. Herpes
Jenis penyakit kulit herpes sering menjangkit pada orang dewasa. Tanda munculnya penyakit herpes adalah adanya ruam tidak rata dan berukuran kecil yang akhirnya melepuh. Dampak yang dirasa penderita adalah rasa perih dan gatal serta membuat kulit lebih sensitif. Daerah kulit yang sering terkena adalah daerah tubuh yang lembap seperti lipatan paha, bokong atau bagian tubuh lainnya.

4. Jerawat
Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang cukup dikenal karena sekitar 80% orang pernah mengalami hal ini. Jerawat disebabkan karena masalah pada kelenjar minyak kulit. Untuk diketahui, pori-pori terhubung ke kelenjar oleh kanal yang disebut folikel. Ketika folikel dari kelenjar kulit tersumbat, maka timbulah jerawat.