You are here
Gejala Tipes Pada Anak dan Cara Mengobatinya Kesehatan 

Gejala Tipes Pada Anak dan Cara Mengobatinya

Tipes merupakan penyakit yang tanpa isadari mudah menyerang tubuh. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja yang mempunyai pola hidup tidak sehat. Seperti misalnya kurang menjaga kebersihan merupakan salah satu factor penyebaran penyakit ini. Semakin lingkungan tidak bersih maka akan semakin rentan terkena penyakit ini. Biasanya penyakit tipes menyerang keluarga yang tinggal di lingkungan kumuh atau anak-anak yang suka jajan sembarangan saat di sekolah. Bisa juga karena pola makan yang tidak teratur atau istirahat yang kurang cukup. Penyakit ini datang dengan membawa gejala yang mana sama dengan penyakit ringan. Kemungkinan banyak yang mengira bahwa gejala tipes hanyalah demam biasa. Kenyataannya memang tipes bisa ditandai dengan gejala awal demam yang tinggi. Gejala tipes pada anak diantaranya yakni demam yang tinggi, merasa pusing, lemas, muncul bintik-bintik merah, hingga mimisan. Jika dirasa anak mulai demam tinggi maka waspada akan gejala penyakit ini.

Tipes merupakan penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella tiphy dan Salmonella paratyphi. Kedua bakteri ini mudah menyerang tubuh anak dibandingkan dewasa karena anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Bakteri bisa menginfeksi tubuh melalui beberapa cara yakni makanan, lingkungan yang kotor, dsb. Baik bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi keduanya memiliki gejala yang berbeda di dalam tubuh. Gejala tipes pada anak oleh bakteri Salmonella paratyphi dinilai lebih ringan dibandingkan bakteri Salmonella typhi. Meski demikian keduanya jika tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan dampak serius. Tak jarang penderita penyakit tipes ada yang hingga meninggal.

Cara mengatasi gejala tipes pada anak adalah dengan meminum obat antibiotic. Obat ini bisa di dapatkan di apotek terdekat. Namun untuk resep amannya sebaiknya menggunakan resep dokter. Hal ini mengingat bahwa antibiotic yang tidak sesuai dosis akan menyebabkan virus justru kebal dan tentunya akan merugikan tubuh. Selain itu untuk cara pengobatan dan pencegahan adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan. Sangat penting untuk makan makanan yang higienis dan mencuci tangan sebelum makan sehingga bakteri bisa hilang. Bakteri penyebab tipes ini mudah bersarang. Hal ini karena bakteri Salmonella bisa tahan di luar inangnya. Maka perhatikan anak saat bermain, jangan sampai menginjak tinja atau dekat dengan orang sakit. Sebaiknya jagalah kebersihan lingkungan sekeliling anak agar terhindar dari penyakit ini.

Related posts

One thought on “Gejala Tipes Pada Anak dan Cara Mengobatinya

Leave a Comment