You are here
HUT Ke-59 Pertamina Lakukan Aksi Sosial Di Cilacap Lain Lain 

HUT Ke-59 Pertamina Lakukan Aksi Sosial Di Cilacap

Dalam rangka memeriahkan HUT PT Pertamina (persero) mengadakan sebuah kegiatan sosial berbasis lingkungan yaitu Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan yang dilakukan di lima wilayah secara serentak. Lima wilayah itu meliputi Pantai Teluk Penyu Cilacap Jawa Tengah, Pantai Mutiara Hijau Balongan Jawa Barat, Ujung Tuban, Kampung atas air Balikpapan Kalimantan Timur dan Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi Jawa Timur. Direktur utama Pertamina Dwi Sutjipto mengatakan bahwa ada 4000 orang yang gturut serta dalam kegiatan pemberdayaan dan pembersihan pantai kampung nelayan ini, namun di Cilacap terdapat 1000 orang yang mengikutinya. Dalam kegiatan sosial ini, tidak hanya diikuti oleh Pertamina saja namun diikuti oleh perusahaan BUMN lainnya seperti Pelindo, Pusri, Telkom, BNI, BRI, PT Inti dan Antara. Yang tidak kalah menarik yaitu menteri BUMN Rini Soemarno juga terut serta mengikuti serangkaian acara ini. Sebagai menteri BUMN Rini sudah pasti mengikuti kegiatan sosial yang diadakan oleh salah satu perusahaan BUMN seperti PT Pertamina ini.

Program kegiatan Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan ini merupakan salah satu program BUMN hadir untuk negeri dan dimaksudkan untuk dapat mensejahterakan masyarakat pesisir. Salah satu tempat yang dituju oleh pertamina adalah Pantai Teluk Penyu Cilacap. Dalam kesempatan kali ini menteri BUMN memberikan apresiasinya kepada BUMN atas kepeduliannya terhadap masyarakat sekitar dengan mengadakan aksi nyata Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan salah satunya di Cilacap. Program ini sejalan dengan nawa cita presiden untuk menumbuhkan serta meningkatkan perekonomian warga sekitar pesisir. Acara sosial ini juga dimeriahkan oleh berbagai macam lomba serta bazar yang turut serta didalamnya. Tidak hanya acara bersih-bersih lingkungan pesisir pantai teluk penyu, namun juga akan disalurkan bantuan CSR dan juga PKBL. Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan mereka diantaranya pemberian beasiswa kepada anak-anak nelayan khususnya pelajar SD SMP SMA, pembangunan gedung, pembangunan mushola di kelurahan Donan, pengolahan rumput laut, perbaikan rumah dikampung nelayan serta sarana tangkap ikan.

Pemberdayaan dan pembersihan pantai kampung nelayan di Cilacap ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat sekitarnya agar lebih mampu menyadari pentingnya kebersihan lingkungan laut dan perlu lebih ditingkatkan. Kegiatan ini dilakukan karena memang dalam keseharian PT Pertamina bersinggungan dengan masyarakat sekitar pantai. Selain itu fasilitas operasional pertamina diarea pantai atau laut sehingga memiliki tanggung jawab untuk ikut serta memberdayakan warga masyarakat sekitar tempat operasi Pertamina. Mengingat kesadaran kan kebersihan lingkungan pantai masih sangat minim, maka dengan adanya kegiatan ini kedepannya masyarakat pantai teluk penyu dapat lebih peduli dengan lingkungan sekitar. Tidak hanya bila ada acara-acara tertentu seperti ini.

Related posts

One thought on “HUT Ke-59 Pertamina Lakukan Aksi Sosial Di Cilacap

Leave a Comment