You are here
Info Mengenai Uang Kuno Kertas Indonesia Lain Lain 

Info Mengenai Uang Kuno Kertas Indonesia

Uang adalah alat pembayaran yang sangat penting, dengan uang maka nilai suatu barang bisa dengan mudah untuk di sesuaikan dengan uang. Uang pertama kali muncul di Indonesia setelah Indonesia merdeka, sedangkan uang kuno kertas muncul pertama kali pada tahun 1961. Dengan adanya uang kertas sebagai bentuk lain selain uang koin yang ada di Indonesia.

Ada banyak uang kuno kertas yang bisa anda ketahui, diantaranya adalah pertama, uang satu rupiah yang muncul pada tahun 1961, cirri cirri uang tersebut adalah ada warna merah dan bergambar jagung. Kedua, adalah uang kertas dengan nominal 10 rupiah, uang ini dikeluarkan pada tahun 1963. Ada dua seri dan bergambar berbeda, satu seri bergambar pemahat kayu bali dan satu nya lagi adalah kesenian tentang bali. Ketiga, uang dengan nominal 25 rupiah, uang ini muncul pada tahun 1964 juga. Viri cirri uang ini adalah bergambar pemandai kain sikek Sumatera dan disatu sisi lainnya bergambar rumah tradisional Sumatera Utara. Keempat, adalah uang dengan nominal 100 rupiah, uang ini keluar pada tahun 1984, gambar pada uang ini adalah burung dara mahkota dan bagian sisi lainnya adalah bendungan tambang asahan. Kelima, dan pada tahun 1992 muncullah uang dengan nominal 200 rupiah yang memiliki gambar monyet sebagai bentuk melindungi binatang rimba. Keenam, dan Indonesia juga mengeluarkan uang kertas dengan nominal 1000  rupiah yang berganbar tugu dan rumah nias dan 5000 rupiah pada tahun 1992 dengan gambar danau.

Uang kuno kertas diatas adalah uang kuno yang menjadi incaran banyak orang untuk mengoleksi uang Indonesia, tidak hanya uang kertas saja, uang koin juga menjadi incaran orang orang yang menyukai uang kuno. Untuk uang logam malah ada yang terbuat dari emas dengan jumlah yang terbatas, sehingga harga untuk mendapatkan uang koin tersebut sangat tinggi, ada yang dihargai hingga jutaan rupiah. Dengan adanya nilai dan harga yang tinggi terhadap uang zaman dahulu diharapkan uang tersebut tidak punah.

Related posts

Leave a Comment