You are here
Ini Dia Langkah Pertolongan Pertama Ada Penderita Diare, Jangan Disepelekan Kesehatan 

Ini Dia Langkah Pertolongan Pertama Ada Penderita Diare, Jangan Disepelekan

Buang air besar secara terus-menerus atau yang dikenal sebagai diare, merupakan suatu kondisi dimana tubuh di infeksi oleh bakteri patogen, sehingga menganggu saluran cerna. Hal ini secara otomatis membuat usus tidak bekerja sebagaimana mestinya dalam penyerapan nutrisi, sehingga feses yang keluar menjadi cair. Bukan sesuatu yang bisa dianggap remeh, wajib untuk segera diobati jika tak ingin semakin bertambah parah. Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare ini juga harus diketahui.

Zinc atau yang dikenal sebagai senyawa seng ini merupakan sebuah zat yang memiliki peran penting pada orang-orang yang sedang terkena diare, ditujukan agar nantinya penyakit tersebut tidak bertambah parah, juga menjaga agar tubuh tetap tercukupi asupan nutrisinya, meskipun harus bolak-balik ke toilet untuk buang air besar. Agar diare tersebut tidak bertambah fatal, maka patut diketahui beberapa bentuk pertolongan pertama pada penderitanya yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Minum air putih sebanyak-banyaknya, karena tubuh banyak mengeluarkan cairan dari feses, maka sangat penting untuk menjaga agar nantinya cairan dalam tubuh tetap terjaga, agar tidak mengalami yang namanya dehidrasi. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air putih lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya.
  2. Minum oralit, oralit ini sendiri adalah larutan gula dan juga garam yang dapat dibuat sendiri di rumah, fungsinya adalah untuk menjaga agar elektrolit tubuh tetap tercukupi, karena selain cairan, kadar elektrolit dalam tubuh akan menjadi tidak seimbang ketika sedang terkena diare.
  3. Pastikan tubuh tetap mendapatkan asupan makanan, artinya orang diare juga tetap butuh sumber nutrisi, pastikan bahwa Anda tetap mengkonsumsi makanan, jangan takut nantinya jika apa yang dimakan tersebut akan kembali lagi dikeluarkan oleh tubuh dengan buang air besar.
  4. Minum obat diare, ini juga termasuk hal penting yang tidak boleh dilupakan, apalagi jika seandainya diare tersebut disebabkan oleh bakteri yang sifatnya patogen, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan membunuh dan mengeluarkan bakteri tersebut dari dalam tubuh.

Bisa juga dengan konsumsi suplemen zinc, Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare bisa didapatkan di Go Apotik.

Related posts