You are here
Kasih Sayang Ayah dan Ibu Untuk Tumbuh Kembang Anak Kesehatan 

Kasih Sayang Ayah dan Ibu Untuk Tumbuh Kembang Anak

Banyak yang mengatakan bahwa Ibu sangat berperan dan tidak di ragukan lagi untuk tumbuh kembang anak baik secara fisik maupun psikologis. Manfaat yang di berikan dari kasih sayang ibu sangat berpengaruh besar hal ini di buktikan oleh para hali neuroscience dari washington university school of medicine di St. Louis. Bahwa anak di usia sekolah yang pada masa bayi mendapat pengasuhan ibunya secara penuh memiliki bagian hippocampus otak yang lebih besar daripada anak lainnya. Bagian ini sangat penting untuk daya ingat, proses belajar, dan respon anak terhadap stres. Lalu apa ibu saja yang berperan dan dapat memberikan manfaat?

Peran sang ayah bagi tumbuh kembang anak tak kalah hebatnya dengan kasih sayang ibu. Hal seperti ini selalu di remehkan oleh orang banyak. Karena banyak yang percaya bahwa asuhan ayah pasti akan menjadi anak yang kurang dapat menurut. Seorang anak yang mendapatkan respon atau kasih sayang dari ayahnya akan merasa nyaman dan percaya diri dalam mengeksplor lingkungan sekitarnya. Bayi atau anak yang dapat mengeksplor lingkungan sekitarnya akan mndapat stimulasi yang di butuhkan tumbuh kembangnya. Tak hanya itu kasih sayang ayah juga dapat berpengaruh dalam psikologis serta kemampuan kognitif pada anak. Banyak studi menemukan bahwa asuhan ayah pada anaknya diasosiasikan sebagai kemampuan verbal yang lebih baik serta akan menunjang prestasi yang baik saat anaknya tumbuh dewasa. Namun akan terjadi sebaliknya jika anak mendapat penolakan dari ayah, maka anak akan tumbuh menjadi anak yang tidak memiliki percaya diri, kasar, serta agresif. Hal tersebut di terbitkan oleh peneliti dalam personality and social psychology review.

Makadari itu ayah dan ibu harus saling mempercayai satu dengan yang lain untuk mengasuh di kecil. Keduanya sebenarnya sangat berperan untuk tumbuh kembang anak hingga ia tumbuh menjadi dewasa. Hingga di butuhkan kerjasama antara kedua orang tua dalam mengasuh buah hati. Ibu harus selalu mendukung ayah untuk berpartisiasi dalam mengasuh. Untuk sang ayah jangan pernah ragu untuk menunjukan kasih sayangnya pada si kecil. Kasih sayang yang diberikan menjadi dasar penunjang tumbuh kembang optimal anak, dari fisik, psikilogis, ataupun kognitif. Jadi bagi para ibu yang takut sang ayah mengasuhnya secara tidak benar jangan khawatir. Naluri seorang ayah akan tumbuh sendiri. Lagi pula tidak ada ayah yang membiarkan anaknya menjadi buruk ataupun menjerumuskannya.

Related posts

Leave a Comment