You are here
Kenali Tanda-Tanda Gejala & Tahapan Asam Urat Kesehatan 

Kenali Tanda-Tanda Gejala & Tahapan Asam Urat

Apa saja gejala asam urat?

Dari beberapa kasus, penyakit ini jarang menunjukan gejala bahwa penderita telah mengalami asam urat pada tahap awal karena. Gejala asam urat akan mulai muncul ketika penderita sudah mengalami kondisi yang akut atau justru kronis. Berikut ini adalah gejala yang paling umum adalah:

  • Jika kalian mengalami nyeri sendi parah dan mendadak, dan yang paling sering pertama terjadi di pagi hari, maka kalian harus waspada
  • Sendi akan membengkak dan lunak
  • Sendi – sendi akan menjadi kemerahan
  • Rasa panas yang terasa di sekitar sendi

Gejala asam urat  ini tidak dapat diprediksi, biasanya muncul tiba-tiba dan sering pada malam hari pada pertengahan malam.Pada kasus yang sudah parah, nyeri yang disebabkan bisa  mengalami nyeri beberapa jam yang terjadi dalam waktu yang lama bahkan sampai berminggu – minggu, namun dari beberapa hejala asam urat ini hanya terjadi pad dalam waktu beberapa jam selama 1-2 hari. Tapi di beberapa kasus yang parah, nyeri pada sendi bisa saja terjadi dalam waktu berminggu-minggu. Sementara, ada pula yang merasakan gejala encok hingga 6-12 bulan – dalam intensitas yang berbeda tiap harinya. Kondisi ini, akan menjadi cukup parah, dan bila Anda mengalaminya, lebih baik segera periksakan diri ke dokter.

Apa saja tahapan penyakit asam urat?

Dalam penyakit asam urat Ada tiga tahapan berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu:

  • Tahap pertama. Pada tahap ini kadar asam urat sudah mulai naik di dalam darah, tetapi belum ada gejala asam urat yang muncul karena masih dalam tahap awal biasanya anda tidak akan pernah mengelami gejala penyakit ini.
  • Tahap kedua. Saat penderita penyakit ini memasuki tahap kedua, maka kadar asam urat yang terlalu tinggi yang telah membentuk kristal-kristal yang terkadang terjadi dibeberapa bagian pada bagian jari kaki. Dalam tahap kedua inii, Anda baru akan merasakan nyeri dan sakit pada sendi, akan tetapi intensitas waktunya tidak akan berlangsung lama.
  • Tahap ketiga. Jika Anda sudah memasuki di tahap ketiga ini, gejala asam urat tidak mengalami tanda tanda akan hilang dan kristal-kristal asam urat yang terbentuk tidak hanya menyerang pada bagia satu sendi saja. Bahkan, pada tahap ini akan muncul gumpalan-gumpalan zat tersebut yang sudah mengkristal di bawah kulit. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah dan dapat merusak tulang-tulang rawan.

 

Related posts