You are here
Ketahui Fungsi dan Model Governor pada Mesin Genset    Lain Lain 

Ketahui Fungsi dan Model Governor pada Mesin Genset  

Bagi Anda yang sering berhubungan dengan dunia service genset, pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata governor mesin genset. Sedangkan bagi orang yang awam, tentu berpikir governor adalah seorang gubernur. Jadi, apa artinya?

Governor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengontrol secara otomatis penyaluran bahan bakar sesuai dengan beban mesin. Karena sebuah mesin harus mempertahankan kecepatan putaran dengan konstan supaya frekuensi listrik yang dihasilkan stabil. Caranya adalah dengan menggunakan governor tersebut.

Fungsi governor pada mesin genset ada 4, yaitu:

  • Membatasi kecepatan putaran mesin maksimum
  • Membatasi kecepatan putaran mesin pada saat idle (tidak menerima beban)
  • Memudahkan mesin hidup saat start dengan memperanyak penyuplaian penginjeksian solar
  • Mempertahankan kecepatan putaran mesin untuk mencegah overspeed

Intinya, governor dapat membaca kecepatan putaran mesin dan menggerakkan mekanisme pengendali jumlah solar yang harus disalurkan sesuai dengan kecepatan putaran mesin yang sudah terbaca.

Ada tiga jenis governor berdasarkan mekanisme cara kerjanya seperti berikut,

  • Pneumatic

Menggunakan tekanan udara yang naik atau turun sesuai kecepatan putaran mesin. Perubahan tekanan udara akan menarik atau mendorong diafragma yang terhubung pada mekanisme pengendali jumlah penyaluran solar. Model ini sebenarnya jarang dipakai untuk genset karena kurang sensitif terhadap perubahan putaran.

  • Mekanik/sentrifugal

Pada model ini, putaran mesin dideteksi melalui gaya sentrifugal putaran mesin yang terjadi. Berbeda dengan model pneumatic yang dideteksi melalui tekanan udara. Model ini terbilang rumit desainnya, namun lebih sensitif terhadap perubahan putaran mesin. Maka model governor ini sering digunakan untuk mesin genset.

  • Elektronik

Pada model elektronik, kecepatan putaran mesin ini dideteksi melalui sensor elektrik yang disebut dengan magnetic pickup. Informasi ini pun diolah oleh sebuah modul pengendali atau control module yang akan menggerakkan mekanisme  pengendali jumlah solar dengan suatu servo motor. Mesin genset yang modern biasanya menggunakan governor model ini karena cenderung lebih awet mengingat minimnya pergerakan komponen di dalam mesin. Selain itu, model ini lebih responsif, tahan lama, dan lebih mudah dimanfaatkan untuk pengoperasian genset secara parallel.

Related posts