You are here
Keunikan Wisata Alam dan Wisata Buatan Khas Jember Wisata 

Keunikan Wisata Alam dan Wisata Buatan Khas Jember

Image by tribunnews.com

Destinasi wisata Jember memilki banyak ragam pastinya mulai dari wisata alam sampai wisata buatan, yap Jember merupakan salah satu kabupaten yang memiliki destinasi wisata alam yang tidak kalah bagus dan wajib untuk dikunjungi. Diantara banyaknya wisata alam yang ada di Jember, salah satu yang paling menarik perhatian adalah Pantai Tanjung Papuma. Hayo siapa yang belum mengenal Pantai yang satu ini ? Kalau ada yang belum kenalan, yuk kita kenalan dulu supaya kalian lebih tertarik mengunjunginya.

Image by tabloidwisata.com

Pantai Tanjung Papuma, kata “Papuma” ternyata adalah sebuah singkatan dari kata “Pasir Putih Malikan” loh. Sesuai dengan namanya pantai ini merupakan pantai yang memiliki penjorokan daratan menuju ke laut, pantai ini identik dengan pasir putihnya, batu – batu hijau, batu – batu hitam, batu – batu putih yang memiliki aneka bentuk. Sisi sebelah barat pantai ini terdapat pantai yang juga merupakan salah satu destinasi wisata alam yaitu Pantai Malikan, sebelah timur terdapat Pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan yang memiliki ciri khas pasir hitamnya. Hal itulah yang membuat Pantai Tanjung Papuma berbeda dari pantai lainnya dan karena hal itulah pantai ini mampu menarik minat pengunjung dengan jumlah yang tidak sedikit. Gambar dbawah ini merupakan gambar Pantai Tanjung Papuma yang didapat dari Wikipedia.

Penasaran ? Yuk langsung aja datang ke lokasi Pantai Tanjung Papuma yaitu kurang lebih 40 km sebelah selatan kota Jember, tepatnya di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan. Perjalanan menuju pantai ini hanya memerlukan waktu 60 hingga 90 menit dari kota Jember loh jadi gak perlu takut untuk pulang cepat – cepat karena keburu malam ataupun berangkat pagi – pagi hanya untuk berwisata dalam jangka waktu yang lama, beruntunglah bagi masyarakat Jember karena memiliki destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi dan pastinya mendatangkan para wisatawan dari berbagai kota di Indonesia atau bahkan turis – turis luar negeri yang membuat Jember makin rame dan bisa terus mengembangkan pariwisata yang lebih menarik.

Image by teluklove.com

Bosan dengan wisata alamnya ? Nah! Selain wisata alamnya Pantai Tanjung Papuma yang indah, sekarang akan saya jelaskan mengenai destinasi wisata Jember yang merupakan wisata buatan khas Jember yaitu Pemandian Kebon Agung. Pemandian kebon agung ini berada di Desa Kebonagung, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota Jember, untuk mencapai lokasi tersebut kita membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam. Jangan khawatir untuk akses jalannya karena akses menuju ke pemandian Kebon Agung ini sangat baik dan jalannya memiliki aspal yang mulus. Pemandian Kebon Agung ini memiliki 2 buah kolam renang yang pastinya aman dan nyaman bagi para pengunjungnya, perbedaan kolam renang yang dimiliki pemandian ini dengan pemandian lainnya yaitu sumber airnya yang berasal dari mata air alami Watu Remuk sehingga airnya akan terus mengalir tanpa ada hentinya.

Kolam renang untuk dewasa ini memiliki ukuran yaitu panjangnya 50 meter dan lebarnya 20 meter dan memiliki kedalaman sekitar 4 meter, bagi yang ingin berenang disini harus sudah mahir berenang ya supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan karena kedalamannya yang lumayan dalam. Bagi anak – anak jangan khawatir masih ada kok kolam renang untuk kalian karena kedalamannya tidak terlalu dalam. Kolam untuk anak – anak ini biasanya digunakan untuk belajar renang, jadi cocok untuk yang belum bisa berenang untuk berwisata sambil belajar berenang.

Harga tiket masuk pada Pemandian Kebon Agung sangatlah terjangkau yaitu per orang hanya dikenakan Rp. 7000, sedangkan biaya parkirnya hanya Rp. 1000. Fasilitas yang disediakan di Pemandian Kebon Agung ini sangatlah lengkap yaitu :

  1. Adanya tempat makan yang memiliki beragam macam masakan dijamin bakal menggoda selera, jadi kalan tidak perlu untuk membawa banyak bekal saat berwisata ke tempat ini.
  2. Tempat beribadah juga sudah disediakan di tempat wisata in, jadi bagi umat muslim tidak perlu untuk mencari tempat ibadah jauh – jauh sehingga wisata juga tidak sampai melupakan ibadahnya.
  3. Toilet telah disediakan, toiletnya juga sangat bersih dan wangi sehingga kita tidak perlu takut untuk sekedar membersihkan diri sehabis berenang.
  4. Taman bermain disediakan untuk anak – anak sehingga mereka tidak bosan hanya berenenag saja tetapi bisa bermain setelah berenang ataupun sebelum berenang.
  5. Tempat duduk yang ada di pinggir kolam sengaja disediakan agar para pengunjung tidak melulu mencari lahan kosong untuk sekedar duduk – duduk sehingga bisa merusak rumput yang ada. Tempat duduk ini bisa digunakan untuk para pengunjung menyaksikan anak mereka ketika berenang ataupun menyaksikan orang berenang lainnya. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini yang diambil dari tempatwisatajember.blogspot.com

Udara di tempat ini sangat sejuk dan pemandangannya cukup indah dan bisa membuat para pengunjung betah dan nyaman. Dengan adanya wisata buatan khas Jember yang bagus ini bisa membuat Jember makin rame dengan adanya para wisatawan yang datang.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger

Related posts