You are here
Mangalua Dalam Pengantin Adat Batak Gaya Hidup 

Mangalua Dalam Pengantin Adat Batak

Dalam istilah pengantin adat Batak ada istilah perkawinan Mangalua yaitu kawin lari yang disepakati oleh pengantin perempuan dan laki laki untuk tetap melangsungkan pernikahan tanpa melalui rangkaian upacara adat Batak yang panjang dan membutuhkan biaya banyak.

Beberapa penyebab terjadinya Mangalua sebagai salah satu jenis penikahan dalam pengantin adat Batak karena :

  1. Masalah suku dan agama
    Suku Batak sangat memegang teguh kesukuan dan agama yang dianutnya. Karena kedua alasan tersebut sering terjadi penolakan sehingga tidak bisa melangsungkan pernikahan dengan aturan adat Batak yang berlaku.
  2. Faktor pendidikan,
    Tinggi rendahnya tingkat pendidikan berpengaruh terhadap penilaian seseorang, namun selain karena masalah penilaian pihak keluarga, umumnya pihak laki-laki yang menjalani tata cara penikahan Mangalua biasanya tidak menjalani pendidikan formal tinggi.
  3. Faktor ekonomi
    Faktor ekonomi merupakan salah satu penyebab terjadinya Mangalua, untuk menjalani proses pernikahan adat Batak membutuhkan biaya yang besar. Bagi keluarga yang memiliki masalah perekonomian pasti sulit untuk melangsungkan pernikahan dengan cara adat Batak.

Karena beberapa alasan pernikahan adat Batak dengan cara Mangalua tetap dijalani pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, namun tata cara Mangalua ini sangat merugikan pihak keluarga perempua sehingga mencoreng martabat keluarga. Biasanya pihak perempuan tetap akan menuntut pihak laki-laki tetap melangsungkan pernikahan dengan tata cara pengantin adat Batak.

Related posts

Leave a Comment