You are here
Menelisik, Kandungan Teh Susu Yang Sering Anda Konsumsi Gaya Hidup 

Menelisik, Kandungan Teh Susu Yang Sering Anda Konsumsi

Bagi mereka penikmat teh, terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk menikmati minuman daun Camelia sinensis ini. Menyeduh dengan air hangat, selain dapat menghangatkan tubuh minum teh juga dapat menjadi momen istimewa bersama dengan kerabat dekat Anda. Sehingga situasi akan semakin rekat dan hangat. Bagi penikmat teh, cara minum teh ada yang memadukan dengan mencampur lemon ataupun jahe. Hal ini masih tergolong biasa. Namun, bagaimana jadinya dengan teh susu yang bagi sebagian orang sudah menjadi kebiasaan untuk dikonsumsi? Adakah kandungan yang terdapat di dalamnya, ataukah justru malah sebaliknya.

Terdapat banyak sekali rumor yang beredar dimasyarakat bahwa mengkonsumsi teh tidak boleh bersamaan dengan susu. Apalagi minum teh susu yang notabene adalah minum teh yang dicampur dengan susu dan diaduk serta diminum sekali waktu. Memang banyak yang ragu dan waspada akan hal tersebut. Teh yang memiliki kandungan flourida, asam amino L-theanine yang memperkuat daya tahan tubuh, dan anti oksidan yang dibutuhkan oleh tubuh, bila dicampur dengan susu yang mengandung protein maka kandungan alami yang ada pada teh akan hilang. Itulah sebabnya banyak orang awam yang masih ragu dan takut untuk mengkonsumsi teh bersamaan dengan susu. Ada juga masyarakat yang beranggapan bahwa minum teh bersama dengan susu akan menghilangkan efek relaksasi yang terdapat dalam teh. Sebenarnya, hal ini adalah salah. Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan, mengkonsumsi teh bersama dengan susu tidak akan menghambat tubuh dalam penyerapan zat yang a=terdapat teh. Hal ini justru, menambahkan susu pada minuman teh Anda akan dapat menambah penyerapan zat gizi yang terdapat pada paduan minuman  ini. Susu yang diperkaya protein, magnesium dan kalsium yang akan dicampur dengan teh, khususnya teh hitam tidak akan mempengaruhi penyerapan flavonoid. Terdapat pula orang yang berpendapat mengenai minuman ini, melalui penelitiannya yaitu minum teh dengan susu tidaklah berpengaruh pada penyerapan catechin, tapi hanya akan menurunkan derajat antioksidannya. Di sisi lain, seorang peneliti Inggris ada yang mengatakan bahwa minum teh dengan susu itu tidak baik. Sebab, dalam negaranya orang Inggris selalu menyeduh teh hitamnya dengan susu. Hal ini dikarenakan tubuh akan terhambat dalam penyerapan antioksidannya. Kemudian, warga Jerman melalui sebuah penelitiannya juga mengatakan bahwa teh yang dicampur dengan susu adalah akan memblokir pelebaran pembuluh darah dan pemblokiran penyerapan antioksidan. Sehingga mereka jarang yang mengkonsumsi teh bersama dengan susu.

Memang terdapat kekurangan dan kelebihan yang terdapat pada teh susu ini. Penelitian yang lain masih dikembangkan dalam hal ini. Yang menjadi alasan adalah teh jenis apa dan susu dengan kandungan apa yang Anda konsumsi.

Related posts