You are here
Mengetahui Berbagai Tips Komunikasi yang Baik Gaya Hidup 

Mengetahui Berbagai Tips Komunikasi yang Baik

Sebagai manusia sosial, tentu dalam kehidupan sehari – hari tidak akan pernah lepas dari aktivitas berkomunikasi dengan berbagai pihak. Komunikasi yang dilakukan pun haruslah bisa dilakukan dengan benar agar apa yang ingin untuk Anda sampaikan bisa diterima dengan baik dan tidak menimbulkan salah arti yang bisa menimbulkan terjadinya konflik. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka Anda harus bisa melakukan komunikasi dengan baik dan benar. Maka dari itu, berikut akan dijelaskan berbagai tips komunikasi yang baik dan benar yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari – hari Anda.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips komunikasi yang perlu untuk Anda pelajari dan Anda terapkan dalam kehidupan sehari – hari Anda. Tips yang pertama adalah Anda harus selalu menghargai siapa pun yang sedang berkomunikasi dengan Anda. Cobalah untuk bisa menghargai setiap pembicaraan yang dia sampaikan, perhatikan apa yang disampaikan dari awal hingga akhir. Sebisa mungkin saat sedang berkomunikasi jangan melakukan hal – hal lain yang tidak berhubungan dengan topik pembicaraan. Apabila Anda memiliki kebiasaan untuk memainkan handphone, maka usahakan Anda tidak melakukan kebiasaan Anda tersebut ketika sedang berkomunikasi. Hal lain yang juga harus Anda perhatikan adalah yang berkenaan dengan intonasi suara saat sedang berkomunikasi. Biasanya setiap daerah memiliki kebiasaan menggunakan intonasi suara yang berbeda – beda, ada yang memiliki intonasi rendah ada pula yang memiliki intonasi tinggi. Apabila Anda terbiasa dengan intonasi tinggi, maka saat berbicara dengan orang – orang yang biasa berkomunikasi dengan intonasi rendah maka sebaiknya jangan menggunakan intonasi yang tinggi. Hal ini dikhawatirkan akan menjadi kesalahpahaman dalam melakukan komunikasi. Jadi, Anda harus bisa mengimbangi lawan bicara Anda, sebisa mungkin jangan melakukan hal – hal yang akan membuat lawan bicara menjadi tersinggung. Selain intonasi, hal lain yang juga harus Anda perhatikan adalah gaya Bahasa. Hampir sama dengan penjelasan terhadap intonasi yang sudah dijelaskan di atas, gaya Bahasa pun juga demikian. Ketika berkomunikasi, usahakan agar Anda selalu menggunakan gaya Bahasa yang sopan agar tidak menyakiti lawan bicara. Selain menggunakan gaya Bahasa yang sopan, Anda juga harus menggunakan gaya Bahasa yang bisa dimengerti oleh lawan bicara Anda. sehingga ketika saling berkomunikasi, kedua belah pihak akan bisa saling memahami apa topik yang diperbincangkan.

Setelah dijelaskan beberapa tips komunikasi di atas, maka hendaknya Anda bisa belajar menerapkan tips – tips tersebut. Dengan begitu maka diharapkan Anda akan bisa memperbaiki kualitas komunikasi yang Anda miliki. Ketika Anda sudah bisa berkomunikasi dengan baik, maka Anda akan bisa untuk menjalin hubungan yang baik dengan berbagai orang di sekitar Anda. Karena komunikasi memiliki peran yang penting dalam menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Related posts