Sebelum membahas mengenai pengertian Kista Giardia Lamblia. Anda perlu tau bahkwa kista sendiri merupakan sebuah benjolan yang biasanya berbentuk kantung dan isinya adalah cairan, bisa juga semisolid dan bahkan juga material gas. Kista sendiri dapat muncul pada bagian jaringan tubuh manusia di mana saja.

Pengertian Kista Giardia Lamblia

Anda perlu tau sebenarnya Giardiasis secara umum merupakan adanya gangguan pencernaan akibat infeksi parasit pada usus halus. Parasit ini menganggu pada hal ini disebut dengan Giardia lamblia. Giardiasis banyak ditemukan di wilayah padat penduduk dengan sanitasi yang buruk dan kualitas air yang tidak bersih.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa Pengertian Kista Giardia Lamblia adalah sebuah benjolan pada jaringan tubuh manusia namun pada pembahasan kali ini berada pada organ pencernaan dimana hal tersebut terjadi akibat dari parasit Giardia lamblia

Penyakit Giardiasis bisa mudah cepat menular saat melalui air atau makanan yang terkontaminasi parasit Giardia lamblia, selain itu juga bisa menular jika kontak langsung dengan penderita. 

Gejala saat terkena parasit Giardia lamblia

Pada umumnya gejala giardiasis sendiri akan muncul pada 1 hingga 3 minggu setelah penderita terinfeksi oleh parasit Giardia lamblia. Sedangkan gejalanya akan berlangsung kurang lebih selama 2 hingga 6 minggu atau bahkan juga bisa berlangsung lebih lama. 

Beberapa gejala yang akan timbul saat seseorang terkena parasit Giardia lamblia pertama pasiena akan mengalami diare dengan tinja yang berminyak, pasien juga sering buang gas atau kentut. Selain itu juga akan merasakan mual bahakan juga muntah. Badan akan lemas dan sering mengalami sakit kepala.

Perut pesien juga akan merasakan kembung terjadi kram pada perut dan juga akan kehilangan selera makan atau menurunya nafsu makan. Jika pasien telah kehilangan selera makan maka akan berimbas pada berat badan menurun.

Namun juga terjadi kasus bahwa beberapa penderita giardiasis tidak mengalami gejala apapun seperti yang disebutkan diatas, namun yang perlu Anda waspadai bahwa penyakit ini dapat menularkannya kepada orang lain.

Oleh sebab itu saat terjadi beberapa gejala yang disebutkan diatas maka segera untuk melakukan periksakan diri lebih lanjut kepada dokter. Bahkan bila disertai dehidrasi.

Diagnosis Penyakit Terlebih dahulu

Sebelumnya Anda perlu memastikan terlebih dahulu adanya penyakit ini pada tubuh Anda melalui Diagnosis Dokter. Pada awanya dokter akan mencurigai seseorang terkena giardia jika pada tubuhnya mengalami beberapa gejala yang seperti mual mutah, kepala pusing, hilangnya nafsu makan dan masih banyak lainnya. 

Namun untuk memastikan kebenarannya maka tentunya seorang dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada pada sampel yang diambil dari feses penderita. 

Selain melakukan pemeriksaan feses seorang dokter ahlai  gastroenterologi juga melakukan pengamatan melalui endoskopi hal tersebut untuk memastikan bagaimana kondisi saluran pencernaan pasien. Pada endoskopi dokter akan mengambil sampel jaringan pada bagian saluran pencernaan untuk diperiksa dan mengetahui jika ada penyebab lain selain parasit Giardia lamblia.

Setelah dilakukannya diagnosis maka akan dilanjutkan dengan pengobatan Giardiasis. Pada umumnya pasien akan diberikan antibiotik misalnya metronidazole untuk membunuh parasit penyebab penyakit ini. 

Obat ini penting untuk menjaga agar cairan dan elektrolit dalam tubuh tetap terpenuhi sehingga akan  terhindar dari dehidrasi. Selain itu pada orang sedang hamil dan terkena penyakit ini maka akan diberikan obat antibiotik paromomycin.

Demikian pengertian Kista Giardia Lamblia dan gejala-gejala yang timbul terhadap diri seseorang saat mengalami penyakit tersebut. Namun walaupun telah muncul gejala alangkah baiknya jika tetap melakukan diagnosa dengan dokter.