You are here
Penyebab AC Anda Terasa Panas Lain Lain 

Penyebab AC Anda Terasa Panas

Pada beberapa kasus, mesin ac Anda menyala secara normal. Tetapi setelah Anda perhatikan lebih seksama, ternyata angin yang dikeluarkan ac Anda tidak dalam kondisi yang dingin. Meski sudah Anda atur dengan suhu di bawah 21 derajat, tetapi tetap saja angin yang keluar tidak dingin bahkan lebih mengarah ke angin panas. Hal ini tentu akan sangat menyebalkan. Selain membuat Anda tidak nyaman berada di rumah, kondisi ac yang seperti itu dapat mengganggu kualitas istirahat Anda bersama keluarga.

Lalu, pertanyaan lebih lanjut untuk merespon kondisi di atas adalah: mengapa bisa seperti itu? Apa penyebab dan bagaimana solusinya? Melalui artikel ini, kami coba memberikan ulasan yang bisa menjawab pertanyaan Anda tersebut.

1. Kesalahan setting pada remote control

Sebelum mempunyai prasangka buruk pada ac Anda, ada baiknya Anda coba periksa “mode” yang terdapat pada remote control. Kemudian, coba lihat settingan tersebut sudah sesuai atau tidak. Untuk mengatur agar udara yang berhembus keluar dengan angin sejuk atau dingin, settingan harus berada pada mode “Cool” atau “Auto”. Pengaturan AC pada mode “Fan” tidak akan mengembuskan udara dingin, tetapi blower saja yang bekerja. Jika settingan pada remote ac Anda dalam mode “Fan”, ac Anda bertugas untuk melembabkan ruangan. Itulah sebabnya ruangan Anda terasa lebih panas meski sudah diatur dengan suhu di bawah 20 derajat.

2. Kondisi ruangan

Poin nomor dua ini seringkali diabaikan oleh pemilik ac. Ketika ruangan Anda sudah diberi fasilitas ac tetapi tetap saja terasa panas, ada baiknya periksa kondisi ruangan tersebut. Salah satunya adalah ada tidaknya bagian tertentu yang terkena pancaran sinar matahari langsung. Ruangan yang memiliki banyak jendela yang langsung diterpa sinar matahari, terutama jendela kaca, maka bisa dipastikan panas yang ada di dalam ruangan akan meningkat beberapa kali lipat.

Selain faktor tersebut, langkah selanjutnya adalah periksa kembali material bangunan yang Anda pakai di ruangan tersebut. Tembok yang terbuat dari campuran semen dan pasir tanpa ada tambahan kapur, kemungkinan besar ruangan tersebut akan sangat panas. Kapur memang dapat menyebabkan tembok tidak terlalu kuat namun sangat bermanfaat untuk memberikan rasa dingin.

3. Abai pada rutinitas service

Poin terakhir yang menjadi kebiasaan buruk dari budaya masyarakat Indonesia adalah malas. Tak terkecuali malas service ac sesuai periode yang telah dianjurkan. Banyak dari Anda beralasan tidak perlu menservice ac sesuai aturan, toh ac masih dingin. Anggapan tersebut salah besar. Service ac harus dilakukan secara rutin agar menjaga kebersihan mesin dan menjaga kualitasnya. Ac yang dibiarkan kotor tanpa dibersihkan, akan sangat berbahaya bagi kesehatan orang yang ada di dalam ruangan tersebut.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jakarta, service ac Jakarta Barat bisa Anda coba sebagai rekomendasi penyedia jasa service yang terpercaya. Melalui situs tersebut, Anda bisa memberikan bandingan harga dari masing-masing penyedia jasa. Solusi service ac dengan biaya yang terjangkau, bisa Anda nikmati hanya cukup memesannya melalui koneksi internet.

Related posts