You are here
Pura Batur Sebagai Salah Satu Wisata Kintamani Bali Wisata 

Pura Batur Sebagai Salah Satu Wisata Kintamani Bali

Di wilayah wisata Kintamani Bali terdapat dua Pura yang memiliki nama sama yaitu Pura Ulun Danu. Kedua Pura ini sama sakral dan indah arsitekturnya. Yang membedakan letak Pura dan nama dibelakang Ulun Danu. Pura Ulun Danu Beratan terdapat di hulu Danau Beratan, sedangkan Pura Ulun Danu Batur berada di dekat Danau Batur. Pura Ulun Danu Batur terletak di desa Kalanganyar, Kecamatan Kintamani Bangli. Pura Ulun Danu Batur merupakan salah satu potensi wisata Kintamani Bali. Sebelumnya pura ini terletak di pinggir jalan Singaraja Denpasar, Pura ini terletak di lereng barat daya Gunung Batur. Namun kemudian Gunung Batur meletus dasyat tahun 1917 sehingga Pura Batur yang semula terletak di kaki Gunung itu hancur namun masih ada satu pelinggih yang kokoh berdiri. Letusan Gunung Batur merusak begitu banyak rumah dan pura hancur. Kemudian setelah bencana tersebut kepala desa setempat membangun kembali Pura dan membawa pelinggih yang masih utuh ke tempat saat ini pura berada yaitu di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan sejarah, Pura Batur merupakan tempat persembahan Dewi Danu atau Dewi Kesuburan. Dewi Danu adalah Dewi yang berasal dari danau. Air dari Danau Batur adalah air yang kaya akan mineral, aliran air dari Danau Batur mengaliri petak sawah yang kemudian lambat laun turun ke bumi. Pura Ulun Danu Batur sangat megah, terdapat beberapa candi yang megah dan terdapat berbagai meru yang memiliki ukuran tingkatan yang berbeda. Wisata Kintamani Bali harus menyempatkan diri menikmati Pura Batur karena keindahan arsitekturnya. Untuk memasuki kawasan wisata Pura Batur harus menggunakan kain yang disiapkan oleh pengelola Pura sebelum masuk kedalam areal Pura Batur.

Pura Ulun Danu Batur telah dilengkapi fasilitas pelataran parkir yang luas. Akses menuju Pura Ulun Danu Batur sudah tersedia dengan baik. Anda bisa menempuh jarak 60 km dari Sinagraja atau Pantai Lovina. Waktu tempuh dari pantai Lovina kurang lebih dua setengah jam. Kalau memilih akses dari Denpasar, akan menempuh jarak 50 km dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Pura Batur menjadi lokasi yang wajib dikunjungi saat melakukan kunjungan Wisata Kintamani Bali.

Related posts

Leave a Comment