You are here
Sektor Pertanian untuk Pembangunan Nasional Lain Lain 

Sektor Pertanian untuk Pembangunan Nasional

Saat ini hampir seluruh negara di dunia mulai berlomba-lomba untuk terus meningkatkan sektor pertaniannya pada masing-masing negara. Apakah bidang pertanian ini sebegitu pentingnya? Seberapa pengaruhkah keberadaan pertanian terhadap seluruh komponen yang ada pada suatu negara? Ternyata pembangunan negara itu dapat dilihat dari beberapa faktor yang salah satu komponen yang memiliki pengaruh besar itu ialah pada bidang pertanian. Mungkin hal ini bisa dibuktikan bila anda melirik negara-negara maju seperti Jepang, Amerika dsb. Rupanya selain memfokuskan pada bidang industri dan mesin negara berpengaruh ini pun sangat memperhatikan pada sektor pertanian. Jepang merupakan produsen pangan yang sangat menonjol pada beras dan beragam tumbuhan lainnya. Untuk negara dengan batas wilayah yang tidak begitu luas ini rupanya dapat memaksimalkan potensi di bidang pertanian ini, meskipun memiliki presentase yang tidak begitu besar. Negara yang sudah maju ini rupanya tetap memprioritaskan bidang bertani sebagai pondasi untuk memajukan pembangunan nasional.

Jadi bisa disimpulkan bahwa keberadaan dan kemajuan pada sektor pertanian ini akan memiliki pengaruh dan dampak yang sangat besar pada suatu negara. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas dengan potensi kekayaan alam dan kondisi geografis yang sangat mendukung terhadap bidang pangan dalam pertanian. Tapi apa kenyataannya? Rupanya nusantara ini masih mengandalkan ekspor impor dari negara lain dan bahkan kondisi pangan di Indonesia saat ini sedang cukup memprihatinkan. Sungguh disayangkan sekali untuk negara yang kaya ini tapi tidak bisa memanfaatkan semua kekayaannya dengan baik. Bahkan negara kita ini tidak masuk kedalam pusat pertanian yang dapat dikalahkan oleh negara kecil seperti Jepang, bahkan kalah pula oleh negara tetangga yaitu Malaysia.

Sektor pertanian memiliki pengaruh yang besar dalam kemajuan pada segala aspek dalam suatu negara. Pertanian dapat menjadi ladang untuk para pekerja, menjadi pendukung dalam meningkatnya produk domestik bruto, sumber bahan pangan, pendorong majunya industri dalam perekonomian, dan bila produksi dari pertanian tersebut bisa dihasilkan dalam jumlah yang besar dapat menjadi sarana meningkatkan sumber devisa bagi negara. Lalu kira-kira apa yang menyebabkan Indonesia tidak bisa mengembangkan pertaniannya secara maksimal? Rupanya salah satu faktor utama yang menyebabkan tidak optimalnya sumber pangan negara yaitu akibat makin sempitnya lahan untuk bertanam juga minimnya wawasan pada petani.

Related posts

Leave a Comment