You are here
SRC Penyemangat Peritel Indonesia Finansial 

SRC Penyemangat Peritel Indonesia

Di era seperti saat ini persaingan dunia ritel di Indonesia sudah mulai semakin ketat, para peritel sederhana dan toko-toko ritel tradisional semakin lama hampir menghilang ditinggalkan para pembelinya. Sebab dan faktor apa yang membuat toko tradisional berguguran? Jawabannya beragam, mulai dari pengelolaan manajemen, tata toko yang terlihat kurang bersih, barang yang dijual kurang lengkap, sampai dengan harga yang tidak bersaing, dan lain sebagainya. Selanjutnya, apakah pemilik toko ritel tradisional yang selama ini menggantungkan hidupnya dari berdagang, mampu menghadapi gempuran dengan melakukan perbaikan-perbaikan untuk dapat memenangkan kompetisi dunia ritel saat ini? Namun jangan khawatir karena sekarang sudah ada SRC Indonesia.

Sekilas alasan diatas memang ada benarnya, akan tetapi pernahkah kita melihat bahwa ternyata masih banyak para pemilik toko ritel tradisional yang menjadi tulang punggung keluarga, tetap eksis, mampu berdiri tegak, dan punya banyak pelanggan bahkan memberikan peluang pekerjaan terhadap warga sekitar. Bermodalkan tekad kuat untuk bangkit dan bertahan, mereka membuka diri dan bekerjasama dengan Sampoerna Retail Community SRC, program pembinaan terhadap Usaha Kecil Menengah atau UKM pada bidang ritel yang memiliki potensi pengembangan dalam aspek bisnis. Ritel-ritel ini bernaung dalam sebuah komunitas untuk dibina melalui kegiatan pengembangan bisnis yang kreatif bersama-sama dengan anggota komunitas SRC lainnya.

Toko-toko ritel tradisional binaan SRC mendapatkan bimbingan manajemen pengelolaan toko, mulai dari layanan, strategi pemasaran, hingga tata administrasi yang bertujuan agar memudahkan pembeli untuk belanja yang pada akhirnya akan meningkatkan omset bisnis. Para pelaku ritel ini juga menerima masukan dari sejumlah praktisi bidang ritel dan pemasaran tanah air yang berkompeten. Selain itu agenda SRC juga fokus untuk mendorong inovasi dan pengembangan usaha jangka panjang. Investasi ini merupakan semangat dua arah baik SRC maupun penyelenggara program untuk kesuksesan jangka panjang yang berkelanjutan. Anggota tersebut juga berinisiatif membuat Paguyuban SRC yang merupakan wadah komunikasi dan tempat saling berbagi. Banyak sekali kegiatan rutin dilakukan mulai dari bazaar sembako, launch produk lokal, pelatihan bisnis, dan kegiatan lainnya. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk dalam menggerakkan ekonomi tidak hanya SRC tapi juga wilayah dimana mereka berusaha.

Related posts