Mengoleksi sepatu banyak dilakukan oleh banyak orang karena banyaknya jenis sepatu yang tersebar di pasaran, beberapa jenis sepatu yang banyak dikoleksi ialah jenis-jenis sepatu sneakers seperti converse, vans, dan sebagainya. Beberapa orang mengoleksi sepatu karena dianggap menjadi investasi yang nantinya tetap memiliki harga jual bahkan setelah digunakan beberapa saat, namun hal ini juga tergantung pada perawatan yang dilakukan saat penyimpanan dan penggunaan. Sepatu yang terawat dengan baik dan terjaga kualitasnya akan memiliki harga jual yang masih tinggi, beberapa hal yang harus dilakukan adalah saat penyimpanan dan pencucian sepatu dimana sepatu harus disimpan di tempat yang baik dan dibersihkan dengan tepat baik waktu dan tekniknya. Penyimpanan sepatu dan perawatannya harus dilakukan dengan tepat tanpa merusak sepatu, karena akan sangat disayangkan jika sepatu malah rusak dan turun kualitasnya selama masa penyimpanan. Sepatu converse yang terawat dengan baik akan memiliki harga yang cukup tinggi yang tak jauh dari harga jualnya, hal inilah yang menjadikan banyak orang merawat converse kesayangannya dengan baik agar nilai jualnya tetap tinggi. Beberapa orang juga banyak memilih converse bekas untuk dibeli karena harganya yang lebih rendah namun kualitasnya tetap baik karena sepatu ini akan memiliki kualitas yang baik jika dirawat dengan benar. Lalu tips apa yang bisa kamu lakukan untuk membeli dan memilih sepatu bekas untuk dibeli? Simak tipsnya berikut ini.

  1. Pilih yang ori

Saat kamu berburu sepatu bekas kamu tak selalu akan menemukan sepatu yang ori karena masih banyak penjual nakal yang menjual sepatu converse imitasi yang sangat mirip dengan yang ori namun memiliki kualitas yang buruk, sangat disayangkan jika kamu memilih untuk membeli sepatu converse thrift namun memiliki kualitas yang buruk sehingga tak dapat digunakan jangka panjang dan juga akan berpengaruh pada kenyamanan saat digunakan. Jeli lah sebelum membeli, pastikan keoriginalan sepatu dan tanyakan hal-hal seperti di mana sepatu tersebut diproduksi dan kelengkapan seperti kardus dan semacamnya.

  1. Pastikan kualitasnya masih baik

Sebelum membeli pastikan sepatu masih memiliki kualitas yang baik dan dirawat baik oleh pemilik sebelumnya, jangan sampai kamu mendapatkan converse dengan kualitas yang buruk yang akan berpengaruh pada lamanya penggunaan kamu dan juga kenyamanan kamu saat menggunakan sepatu. Pastikan juga kamu merawatnya dengan baik setelah kamu mendapatkan sepatu tersebut.

  1. Usahakan jangan hasil repaint

Banyak sekali jasa yang menawarkan repaint untuk mendapatkan sepatu yang terlihat lebih fresh dan baru, jika kamu menginginkan membeli sepatu bekas usahakan jangan membeli sepatu hasil repaint atau cat ulang karena cat yang digunakan belum tentu memiliki kualitas yang baik dan pastinya tidak akan menandingi kualitas dari pabrik sepatu tersebut.

  1. Pelajari harga sepatu bekas di pasaran

Karena salah satu tujuan membeli sepatu bekas adalah untuk menghemat dompet, pastikan kamu mendapatkan sepatu dengan harga yang rasional dan sesuai dengan pasaran sepatu bekas namun tetap memiliki kualitas yang baik. Jangan sampai niat menghemat dompet malah menjadi menguras dompet saat membeli sepatu bekas.

Itu dia beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika berburu converse bekas. Jika kamu tak yakin untuk membelinya melalui toko online kamu bisa mencari penjual di daerah sekitarmu dan lakukan transasksi dengan bertemu langsung untuk mengecek kondisi sepatu secara langsung.