You are here
Tips Merawat Sepeda Gunung yang Paling Benar Agar Senantiasa Awet Lain Lain 

Tips Merawat Sepeda Gunung yang Paling Benar Agar Senantiasa Awet

Sepeda gunung merupakan salah satu jenis sepeda yang saat ini paling banyak digunakan, memiliki desain yang sederhana dan pengoperasian yang mudah membuat sepeda jenis ini menjadi favorit berbagai kalangan usia. Selain menyenangkan, bersepeda secara rutin juga dapat menyehatkan tubuh Anda. Hal ini dikarenakan saat bersepeda Anda akan mengeluarkan keringat dan kemudian racun atau toksin didalam tubuh Anda akan keluar melalui keringat tersebut. Jika Anda sudah memiliki sepeda, maka usahakan untuk merawatnya dengan baik karena jika sudah mengalami kerusakan, maka Anda harus mengeluarkan budget yang cukup banyak untuk memperbaikinya, hal ini dikarenakan harga komponen sepeda memang tidak murah.

Selain merawat sepeda ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli jenis sepeda yang nantinya akan Anda gunakan, contohnya:

  • Ada banyak sekali jenis sepeda yang dijual luas dipasaran dan memiliki keunggulan atau spesialis masing-masing, usahakan Anda telah memahami hal ini dan membeli sepeda dengan tepat sesuai kebutuhan Anda.
  • Akan lebih baik jika Anda memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan sepeda yang menjadi incaran Anda.
  • Lakukan pengecekan terlebih dahulu pada setiap komponen dan pastikan semuanya dapat berfungsi dengan baik, jika Anda tidak memahaminya, maka jangan sungkan untuk bertanya kepada yang lebih ahli.
  • Mencari tahu lokasi service spesialis sepeda sesuai merek sepeda yang akan Anda beli.

Setelah memahami apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli sepeda tentunya Anda bisa memilih sepeda yang tepat dan bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda. Lalu bagaimana cara merawat sepeda yang paling benar, simak ulasan berikut ini.

  1. Mencuci sepeda.
    Setelah dipakai, usahakan untuk mencuci sepeda gunung yang Anda miliki dari kotoran yang menempel. Lepaskan terlebih dahulu semua aksesoris yang menempel seperti bel sepeda dan speedometer kemudian, setelah itu Anda bisa langsung memulai proses pencucian.
  2. Membersihkan rantai.
    Langkah perawatan sepeda yang kedua adalah membersihkan rantai. Caranya juga terbilang mudah, Anda hanya perlu menggunakan kain basah yang sebelumnya sudah Anda beri dengan sabun kemudian, putarkan bagian pedal dan tempelkan kain lap tersebut ke rantai supaya semua kotoran yang ada bisa rontok dan menjadi bersih.
  3. Membersihkan roda sepeda.
    Membersihkan roda sepeda seperti bagian jari-jari dan cakram sepeda juga penting untuk Anda lakukan supaya saat digunakan ban sepeda Anda dapat memutar dengan baik dan kegitan bersepeda Anda juga bisa selalu lancar.
  4. Mengecek sistem pengereman.
    Selain sebagai langkah perawatan, mengecek rem juga perlu Anda lakukan sebagai antisipasi keamanan untuk Anda sendiri. Pastikan rem Anda selalu dicek dengan teliti dan jika sudah aus, maka segeralah ganti bagian kampas remnya, teliti juga bagian kabel dan minyak remnya.
  5. Memberi minyak pelumas.
    Jangan pernah menggunakan minyak bekas untuk mengganti pelumas baik pada rantai maupun bagian sepeda yang lain. Usahakan selalu menggunakan pelumas baru yang memang khusus untuk jenis sepeda yang Anda miliki. Hal ini bertujuan supaya semua komponen sepeda dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya. Pelumas khusus sepeda saat ini sudah dijual luas dipasaran maupun beberapa situs belanja online.

Dengan mengikuti 5 cara merawat sepeda di atas dengan benar, maka sepeda gunung yang Anda miliki sudah pasti bisa awet dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama, selain itu performa atau kualitasnya juga akan tetap bagus seperti kondisi awal saat Anda membelinya.

Related posts