Sudah menjadi hukum alam bahwa manusia akan semakin tua seiring dengan penambahan usia. Penuaan ini mungkin bagi sebagian orang adalah merupakan hal yang sangat menakutkan. Karena dengan menjadi tua, secara otomatis akan merubah orang tersebut baik itu berupa fisiknya, kejiwaannya, dan lain sebagainya. Perubahan dari segi fisik bisa dilihat dari uban yang bertambah banyak, kulit yang sudah mulai keriput, kesehatan yang semakin menurun, dan lain sebagainya. Ngomong-ngomong soal kesehatan yang semakin menurun, hal ini tentunya harus menjadi perhatian bagi para lansia supaya tubuhnya tetap sehat dan kuat. Apalagi bagi kaum wanita, walaupun sudah termasuk  lansia tentunya selalu ingin tetap tampil cantik, sehat, dan bugar. Untuk menjaga supaya tubuh tetap fit, bagi anda wanita lansia bisa melakukan olahraga ringan tapi besar manfaatnya seperti  yoga. Karena yoga ini sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan wanita lansia dalam menjaga kebugaran tubuhnya.

Mungkin yoga adalah salah satu cara yang terbaik dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena yoga bisa membantu anda supaya tetap sehat, kuat, fleksibel, bisa mengurangi stres dan kecemasan, bisa membantu anda melepaskan potensi batin anda sehingga anda bisa menjalani hiudo ini dengan sangat memuaskan.

Semakin bertambahnya usia, maka sendi menjadi kurang fleksibel serta tulang menjadi rapuh dan keropos yang bisa menyebabkan resiko patah tulang. Oleh karena itu, para lansia terutama wanita lansia bisa melakukan yoga supaya bisa menghindari hal tersebut. Dengan yoga ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah serta kapasitas paru-paru.

Selain bisa mengurangi berbagai masalah kesehatan dan menjadi latihan yang mudah dan menyenangkan, yoga juga bisa memperlambat proses penuaan dengan cara meningkatkan sirkulasi darah, fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan tubuh. Yoga juga merupakan sebuah senam, dimana dalam setiap gerakannya bisa memberikan manfaat yang sangat besar sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Begitu juga dengan senam yoga bagi lansia. Dimana setiap gerkannya begitu sangat lembut, luwes, serta mudah dilakukan oleh siapapun dengan hasil yang diperoleh begitu banyak.

Menurut hasil sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa para lansia yang telah mengikuti kelas yoga bisa memberikan nilai yang positif. Selain itu yoga bisa meningkatkan daya ingatnya sehingga bisa terhindar dari kepikunan.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak tentang manfaat yoga untuk kesehatan wanita lansia sebagai berikut :

  1. Sukhasana
    Sukhasana ini merupakan salah satu gerakan khas meditasi yang bisa membantu meluruskan kembali tulang punggung, mengurangi metabolisme dan meningkatkan ketenangan dalam diri anda.
  2. Bidalasana
    Gerakan bidalasana ini berfungsi untuk bisa membantu meningkatkan koordinasi antara gerakan tubuh dan pernapasan. Namun gerakan bidalasana ini tidak direkomendasikan bagi para lansia yang menderita gangguan tulang belakang dan punggung.
  3. Adho Mukha Swanasana
    Gerakan ini berfungsi untuk meningkatkan fleksibilitas tulang belakang dan membantu untuk mencegah timbulnya masalah pada tulang belakang. Akan tetapi gerakan ini tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita ganggyan tulang belakang dan punggung.
  4. Kapalabhati Pranayama
    Gerakan ini berfungsi untuk bisa menimbulkan kesegaran dan membersihkan udara yang mengalir dalam tubuh melalui darah dan sistem pernapasan sehingga bisa membuat anda terhindar dari penyakit pernapasan.
  5. Salabhasana
    Salabhasana ini merupakan gerakan pada yoga yang berfungsi untuk bisa meningkatkan kekuatan pada area kaki, lengan, dan perut.

Belakangan ini Yoga kian diminati banyak orang termasuk lansia karena tidak membutuhkan kekuatan fisik yang berlebihan.