You are here
5 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Saat Program Hamil Kesehatan 

5 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Saat Program Hamil

Dalam persiapan program hamil, banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk nutrisi. Makanan yang dimakan harus memenuhi gizi agar program yang dijalankan berhasil. Sebagai calon ibu Anda harus berbuat yang terbaik saat promil. Berikut 5 nutrisi yang harus ada dalam makanan Anda.

  1. Asam Folat

Nutrisi yang satu ini sangat sering kita temui di setiap saran dokter manapun jika konsultasi program hamil. Asam folat terbentuk dari vitamin B atau yang biasa disebut Folat. Fungsinya yaitu untuk memperlancar hemoglobin (sel darah merah). Tidak hanya itu, asam folat juga berguna untuk pembentukan dan perkembangan otak serta sistem saraf janin.

Beberapa bahan makanan yang mengandung asam folat misalnya pisang, hati sapi, bayam, sereal gandum, dan mie telur. Kadar asam folat yang harus dikonsumsi yaitu 400 mcg per hari atau setara 6 ons hati sapi. Konsumsi asam folat ini juga harus dilanjutkan hingga masa kehamilan dan menyusui.

  1. Omega 3

Omega 3 sangat berguna untuk kecerdasan si kecil. Oleh sebab itu, pada masa program hamil hingga hamil konsumsi omega 3 sangat diperlukan. Omega 3 banyak ditemukan dalam ikan laut seperti salmon atau tuna.

Bagi Anda yang mual saat akan mengonsumsi ikan, bisa juga memenuhi asupan omega 3 dalam bentuk suplemen. Namun sebelumnya Anda harus konsultasi dulu ke dokter kandungan agar diberikan dosis yang tepat dan jenis suplemen yang direkomendasikan.

  1. Vitamin, Serat, dan Mineral

Sudah tidak asing lagi nutrisi ini bagi ibu hamil maupun Anda yang memulai promil. Vitamin, serat, dan mineral terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Jika dikonsumsi secara rutin, maka Anda akan lebih segar dan fit saat memasuki kehamilan karena asupan nutrisi yang seimbang.

  1. Protein

Protein terbentuk dari asam amino yang memiliki fungsi pada pertumbuhan tubuh ibu dan kesehatan janin. Banyak bahan makanan yang mengandung protein, misalnya kacang-kacangan, ikan kembung, hati ayam, susu, telur, atau produk olahan seperi keju dan yougurt. Dalam pemilihan susu juga harus cermat. Pilihlah susu yang tinggi protein dan serat.

  1. Seng

Nutrisi yang satu ini sangat berguna untuk membantu produksi materi genetik ketika ovulasi. Selain itu, seng juga bermanfaat bagi calon ibu dan calon ayah. Istimewanya, seng dapat memperbaiki kualitas sperma.

Bahan makanan yang mengandung seng yaitu biji-bijian, telur, kerang, dan kacang-kacangan. Olahan yang bisa membantu Anda misalnya membuat omelet untuk sarapan, sering mengganti camilan dengan kacang-kacangan, atau membuat menu makan malam dengan kerang.

Semakin Anda memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi, semakin cepat pula peluang hamil. Selain itu, saat masa kehamilan janin akan menjadi sehat karena berada di rahim yang sehat pula. Program Hamil Anda akan cepat selesai jadi tetap semangat.

Related posts