Edukasi

Beragam Jenis Pelatihan Intensif untuk Pemegang Kartu Prakerja

Berkaitan dengan meluncurnya program kartu prakerja di masyarakat, maka banyak juga informasi yang kita dapatkan tentang program tersebut. Berdasarkan informasi yang diberikan besaran bantuan biaya pelatihan insentif prakerja yang diterima oleh peserta bervariasi, maksimal hingga sebesar 7.000.000 juta rupiah sekali seumur hidup. Pemerintah akan membayarkan biaya pelatihan itu kepada lembaga pelatihan melalui platform digital.

Dalam program tersebut masyarakat juga dibebaskan untuk memilih pelatihan. Terdapat dua jenis pelatihan yang diberikan, yaitu pelatihan daring (online) maupun tatap muka (offline). Selain dua hal tersebut  juga ada pilihan program pelatihan three in one berupa pelatihan, sertifikasi, dan penempatan yang tepat untuk pencari kerja.

Kartu ini menyediakan biaya pelatihan bagi yang sedang mencari pekerjaan ataupun yang tidak sedang mencari pekerjaan. Baik buruh, karyawan, korban PHK maupun lulusan SMA ataupun kejuruan yang berusia 18 tahun ke atas, yang tidak sedang sekolah atau kuliah boleh mendaftar untuk mengikuti program ini. Namun prioritas diberikan kepada pekerja muda atau pencari kerja muda.

Berikut adalah delapan platform digital yang bekerjasama untuk menyediakan pelatihan bagi pemegang kartu prakerja, antara lain : Tokopedia (dengan kategori bisnis, bahasa, marketing, pengembangan diri, IT dan data, media, kesenian, dan lainnya), Ruang Guru (pengembangan diri, teknologi dan software, meraup rupiah di youtube, bisnis dan keuangan, pemasaran, teknik negosiasi, hingga persiapan test), Mau Belajar Apa (Wirausaha, bisnis dan perkantoran, restoran dan cafe, masak dan membuat kue, dan lainnya), Bukalapak, Pintaria (cara membuat usaha, berlatih menjual secara online, mengembangkan skill berbicara di depan umum), Sekolahmu (bisnis rumahan, cara menjadi guru dan instruktur lepas, manajemen wirausaha), Kementrian Ketenagakerjaan (cara beriklan, tata kecantikan, programmer, dan lainnya), serta Pijarmahir (administrasi, teknologi informasi, bahasa, pemasaran, digital, dan lainnya)

Semua pelatihan yang dipilih akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti sudah selesai mengikuti pelatihan, mulai dari sertifikat pelatihan digital marketing prakerja sampai sertifikat pelatihan bahasa Inggris prakerja juga akan kamu dapatkan jika kamu mengikuti program ini.