You are here
Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar Pada Wanita Dewasa Kesehatan 

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar Pada Wanita Dewasa

Image result for haid

Datang bulan merupakan hal yang lumrah dan normal terjadi pada wanita bahkan gadis yang sudah menginjak masa usia remaja. Ditandai dengan keluarnya darah akibat luruhnya rahim karena tak terjadi pembuahan selama kurang lebih 5 hingga 15 hari. Periode datang bulan normalnya adalah 28 hingga 36 hari sekali. Beberapa wanita memiliki periode datang bulan yang stabil sehingga bisa diprediksi kapan periode datang bulan berikutnya akan terjadi. Namun lebih banyak lagi wanita yang memiliki periode datang bulan atau haid yang kurang lancar. Bulan kemarin memiliki periode haid selama 30 hari namun di bulan ini haid terjadi setelah 36 hari. Haid yang kurang teratur tersebut sering disertai dengan masalah lainnya yang juga mengganggu.

Banyak wanita kemudian bertanya, haid tidak lancar wajarkah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu perlu diketahui apa saja yang menjadi penyebab tidak lancarnya siklus haid yang dimiliki oleh para wanita. Jika siklus haid tak lancar di tahun pertama dimulainya haid yang terjadi para remaja putri, maka hal tersebut adalah hal yang wajar dan normal mengingat hormon yang masih belum stabil. Begitu juga dengan kurang lancarnya haid pada fase menjelang menopouse. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana jika siklus haid masih tak lancar ketika wanita berada pada masa dewasa atau usia 20 tahun hingga 40an.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang sering menjadi penyebab tidak lancarnya siklus haid dari bulan ke bulan yang perlu Anda ketahui untuk mengenai normal atau tidaknya keterlambatan.

  1. Stres atau pikiran. Sangat mempengaruhi sistem hormonal yang bisa menyebabkan haid lebih lama atau periodenya yang bertambah.
  2. Penggunaan alat kontrasepsi juga mempengaruhi siklus hormonal yang bisa berakibat siklus menstruasi kurang teratur.
  3. Penyakit. Penyebab siklus haid kurang teratur inilah yang perlu Anda waspadai karena bisa jadi merupakan masalah penyakit yang serius.

Beberapa problematika datang bulan di atas tak perlu mengecilkan hati Anda sebagai wanita. Dengan memiliki kebiasaan hidup sehat maka siklus haid dan reproduksi Anda juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk lebih teratur dan stabil

 

Related posts