Khasiat buah mengkudu sudah terkanal sejak zaman dulu, mulai dari obat berbagai penyakit hingga perawatan wajah yang ampuh. Namun dibalik kegunaannya ini, buah mengkudu memiliki  bau yang kurang sedap yang sedikit mengganggu.  Nah berikut ini akan dipaparkan bagaimana cara mengolah buah mengkudu agar terhindar dari bau tidak sedap tersebut.

Cara Konvensional

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghindari bau busuk pada buah mengkudu adalah memilih buah yang matang namun tidak busuk. Banyak orang menyalahartikan bahwa bau busuk mengkudu memang menjadi ciri khasnya tanpa mengetahui bahwa bau buah mengkudu matang akan berbeda dengan buah mengkudu dalam keadaan busuk.

Meski buah yang satu ini terkenal akan bauk busuknya, namun buah mengkudu yang bagus akan menguarkan bau busuk yang berbeda ketika ia benar-benar dalam keadaan busuk atau sudah lembek. Jadi ketika Anda ingin mengonsumsinya, pastikan buah tersebut merupakan buah mengkudu setengah matang yang menguarkan bau khas buah tersebut, bukan karena bau busuk.

Campurkan Gula Jawa dan Madu

Cara kedua adalah dengan mencampurkan jus mengkudu dengan gula jawa dan madu. Ketika mengolah buah mengkudu, campurkan kedua bahan alami tersebut secara merata dengan jus mengkudu. Kedua bahan ini selain berguna untuk menetralkan bau tak sedap buah mengkudu juga berguna sebagai pemanis alami.

Setelah tercampur rata kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam botol yang tertutup rapat. Sementara itu biarkan selama 2 hingga 4 hari agar proses fermentasi terjadi sehingga bau busuk yang sangat mengganggu bisa sedikit berkurang. Selama proses fermentasi terjadi, komponen asam yang menghasilkan bau tersebut akan terurai dan tidak berdampak lagi.

Tambahkan Kayu Manis, Jahe atau Pandan

Jika Anda tidak terlalu suka dengan ide fermentasi yang harus dilakukan, maka Anda pun bisa tetap menikmati khasiat buah mengkudu dengan cara mencampurkannya dengan bahan penyedap alami. Kayu manis, jahe atau pun daun pandan merupakan bahan-bahan yang bisa Anda gunakan.

Pilihklah satu dari ketiga jenis bahan tersebut untuk menghasilkan aroma sedap sesuai selera Anda. Sebaiknya hindari mencampur ketiga bahan tersebut menjadi satu karena akan menghasilkan aroma yang tidak diinginkan.

Meski Anda berusaha keras untuk menghilangkan bau busuk yang timbul dari buah mengkudu, tetapi justru itulah hal yang menandakan bahwa buah yang Anda konsumsi mengandung senyawa dan bahan aktif yang Anda butuhkan. Jika Anda mendapati buah mengkudu matang namun tidak berbau, maka kemungkinan besar kandungan senyawa didalamnya juga tidak ada.

Setelah mengetahui bagaimana cara memanfaatkan buah mengkudu tanpa terhalang bau kurang sedap yang ditimbulkannya, maka Anda bisa bebas menggunakannya kapan saja. Jika Anda ingin mengetahui khasiat buah mengkudu secara rinci, silakan kunjungi orami.co.id, di mana Anda akan mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat seputar kesehatan.