You are here
Sleeping Bag Anda Pastinya Akan Lebih Awet dan Tahan Lama Jika Dirawat dengan Cara Ini! Lain Lain 

Sleeping Bag Anda Pastinya Akan Lebih Awet dan Tahan Lama Jika Dirawat dengan Cara Ini!

Related image

Ketika Anda sedang melakukan berpetualang yang bertemakan alam, seperti misalnya pergi berkemah atau mendaki gunung, maka Anda memerlukan berbagai jenis peralatan dan juga perlengkapan khusus yang membuat Anda tetap merasa nyaman ketika sedang melakukan kegiatan tersebut. Salah satu barang yang pastinya harus Anda bawa adalah sleeping bagyang dimana sesuai namanya bisa Anda gunakan ketika sedang tidur atau beristirahat sejenak. Memang jika dalam sehari-hari, benda tersebut sangat jarang Anda gunakan karena sudah tersedianya ranjang. Benda tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis situs jual beli online terpercaya dengan harga yang sangat terjangkau. Jika sudah memilikinya, maka Anda harus mengetahui bagaimana caranya untuk merawat kantung tidur tersebut agar ketika ingin Anda gunakan kembali, maka kondisinya masih prima. Berikut ini adalah beberapa cara merawatnya:

  1. Simpan di Luar Kantung

Kantung tidur yang paling baik adalah yang memiliki tempat penyimpanannya yang juga berupa sebuah kantung berukuran cukup kecil. Namun, jika Anda berencana untuk tidak memakainya dalam beberapa waktu dekat, ada baiknya untuk menyimpannya dengan baik. Jangan menyimpannya di dalam kantung, tapi simpanlah di luarnya agar bulu-bulu yang ada tetap awet. Bisa juga Anda gantung di gantungan baju milik Anda. Simpanlah kantung tidur ini di tempat yang tidak sempit, tidak lembab sehingga tidak menimbulkan jamur tumbuh.

  1. Tepuk-Tepuk

Ketika sleeping bag sudah lama tidak digunakan dan masih tersimpan di dalam kantungnya, maka Anda bisa mengeluarkannya sebelum digunakan dan tepuk-tepuklah terlebih dahulu. Terutama hal ini diterapkan di bagian yang terdapat bulu-bulu penghangatnya. Hal ini berguna untuk membuatnya menjadi lebih mudah menyebar di seluruh bagiannya. Meski terlihat sepele, namun hal ini sangat wajib untuk Anda lakukan ketika akan memakainya sejak waktu yang lama. Pastinya kantung tidur ini akan lebih tahan lama sehingga tidak merepotkan Anda untuk mencari yang baru di situs belanja online.

  1. Jemur

Setelah menggunakan kantung tidur tersebut, ada baiknya untuk dijemur terlebih dahulu sebelum Anda menyimpannya. Anda bisa menjemurnya langsung di atas tenda dan bagian lainnya. Pastikan untuk membuka lebar resleting yang dimiliki kantung tidur tersebut ketika menjemurnya agar kantung tidur menjadi lebih bersih dan steril, serta tidak menempel bakteri, kuman dan juga kotoran yang tidak baik untuk Anda. Pastikan selalu menerapkan hal ini ketika akan menyimpan kantung tidur milik Anda. Jika lupa, maka hal ini tentunya akan memberikan kerugian bagi Anda sendiri kelak.

  1. Dicuci

Jika merasa kantung tidur sudah benar-benar kotor, maka Anda harus sesegera mungkin mencucinya agar ketika digunakan kembali akan terasa nyaman. Untuk mencucinya, Anda bisa menggunakan sabun khusus untuk mencuci peralatan mendaki yang bisa dibeli dengan belanja online agar kantung tidur lebih awet dan tahan lama. Cucilah dengan tangan, jangan menggunakan mesin cuci agar kualitasnya tetap terjaga, kemudian bilas dan keringkan dengan diangin-anginkan. Jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

Keempat cara di atas pastinya dijamin akan membuat sleeping bag Anda menjadi lebih awet dan juga tahan lama. Memang beberapa cara terlihat sepele dan tidak penting, namun keempat cara tersebut sangat berpengaruh untuk memperpanjang usia kantung tidur Anda. Dengan ini pun, Anda juga pastinya akan semakin berhemat dengan tidak perlu membeli lagi yang baru di situs belanja online terpercaya ketika barang tersebut benar-benar Anda butuhkan.

Related posts